TREN DESAIN INTERIOR MINIMALIS

PRAMESWARI DESAIN INTERIOR – Konsep desain interior kantor minimalis modern semakin banyak disukai saat ini karena 3 karakteristik yang melekat pada konsep ini, yaitu :

  1. simple
  2. terbuka, dan
  3. dinamis.

Karena sifatnya yang dinamis ini lah, banyak perusahaan menerapkan konsep desain interior kantor minimalis modern, terutama start up company. Selain karena luas ruangan yang semakin terbatas apalagi di perkotaan, biaya yang dikeluarkan dengan konsep desain interior kantor minimalis biasanya lebih ekonomis dibanding konsep industrial, vintage, classic, atau yang lain. Oleh karena itulah, desain interior dengan konsep minimalis semakin digandrungi.

Dalam menerapkan desain interior kantor minimalis modern, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

1.Furniture

Untuk menimbulkan kesan minimalis, Anda harus memilih furniture dengan konsep yang sama yaitu minimalis. Hindari profil maupun ornamen berlebihan pada furniture. Konsep minimalis biasanya identik dengan bentuk dasar seperti kotak, bulat, lingkaran, persegi, dsb. Material yang digunakan biasanya berbobot ringan namun tetap kokoh, seperti multipleks, besi hollow, aluminium, dsb.

2.Penutup lantai

Penutup lantai kantor saat ini banyak menggunakan keramik lantai maupun parquet dan vinyl. Penutup lantai jenis ini lebih mudah perawatannya dibanding karpet. Pemakaian karpet biasanya hanya difokuskan pada ruang tertentu saja.

3.Profil plafon

Banyak model yang dapat diaplikasikan pada plafon kantor Anda dengan berbagai pilihan material. Namun ingat, tetap menggunakan konsep minimalis pada plafon kantor Anda. Bahkan beberapa perusahaan memutuskan tidak menggunakan plafon tertutup namun memberikan expose pada langit-langit. Hal tersebut membantu memberikan kesan lebih casual dan out of the box.

4.Ruang terbuka

Dengan konsep minimalis lebih banyak ruang terbuka yang dimiliki. Hindari sekat-sekat ruangan yang tidak perlu. Apabila dibutuhkan penyekat ruangan, usahakan Anda menggunakan kaca agar kesan terbuka tetap ada.

5.Accesories

Menggunakan accesories untuk mencerahkan ruang kantor tetap diijinkan sepanjang tidak berlebihan. Gunakan accesories yang bersifat natural seperti tanaman hias, akuarium, dsb. Sesuaikan ukuran accesories dengan furniture dan ruangan sekitarnya.

 MEMILIH CAT WARNA UNTUK KANTOR

Ada banyak jenis warna cat dinding yang dapat diaplikasikan pada kantor Anda. Namun, pada desain interior kantor minimalis modern, sebaiknya pilihlah warna yang sesuai dengan karakter perusahaan dan yang dapat memotivasi karyawan untuk produktif dalam bekerja. Anda harus ingat bahwa dalam konsep ini, tidak banyak accecories atau ornamen interior yang digunakan. Sehingga perpaduan warna dan pencahayaan bisa menjadi kunci sukses desain interior kantor minimalis modern Anda.

Kombinasikan beberapa warna dan jangan hanya menggunakan satu warna cat. Ekspresikan interior kantor dengan memadukan beberapa macam warna dan material. Anda bisa saja menggunakan material kaca berwarna, cat dinding, wallpaper, lis stainless steel, furniture kayu, dan lain sebagainya. Hanya saja, dalam memadukan warna, Anda harus tetap menentukan warna dominan dan pelengkapnya.

Dengan banyaknya warna cat interior dinding pada saat ini, Anda harus menyesuaikan warna cat dengan konsep interior yang Anda inginkan. Tanyakan kepada jasa desain interior kelebihan dan kekurangan masing-masing warna terhadap konsep interior kantor Anda. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih warna cat interior yang bisa Anda ikuti :

1.Putih

Putih adalah salah satu warna netral dan dapat digunakan sebagai warna dominan ataupun hanya sebagai pelengkap. Warna ini bisa dikombinasikan dengan baik dengan warna lainnya. Warna putih terlihat bersih dan terang. Tapi Anda harus mengkombinasikan warna putih dengan warna lain agar tidak terlihat membosankan.

2.Abu- abu dan coklat

Warna ini mulai cukup banyak digunakan, terutama pada konsep minimalis. Tidak hanya terbatas pada kantor, namun warna abu-abu juga digunakan pada cafe, apartemen, ataupun rumah tinggal.

3.Hitam

Warna ini sebaiknya tidak menjadi warna dominan walaupun membuat dinding terlihat kokoh karena menciptakan suasana gelap. Namun, penggunaan warna hitam dapat lebih banyak dipakai untuk interior cafe, interior ruang refleksi, atau ruang lain yang membutuhkan suasana gelap

4.Hijau dan biru

Kedua warna ini cukup dapat meningkatkan mood bekerja karena kesan yang sejuk namun hidup.

5.Kuning dan Orange

Warna ini merupakan warna yang terang dan cocok untuk sekolah anak ataupun taman bermain dan interior ruang kreatif.

6.Merah dan Ungu

Warna merah dan ungu tidak seharusnya digunakan sebagai warna dominan tunggal dalam interior kantor Anda. Kombinasikan dengan warna putih dan beberapa warna pelengkap lain agar mendapatkan keseimbangan yang baik.

MENENTUKAN JENIS MATERIAL PLAFON KANTOR 

Salah satu materi desain interior kantor minimalis modern adalah menentukan jenis material plafon. Plafon merupakan material penutup langit-langit interior sebuah ruangan. Ada berbagai macam material dan model plafon yang dipasarkan. Mari kita lihat kebutuhan Anda dalam membuat plafon kantor.

  1. Pertama-tama, Anda harus menentukan konsep desain interior kantor secara keseluruhan. Dalam artikel ini hanya akan dibahas mengenai plafon di dalam interior ruang kantor, dan tidak akan dibahas mengenai elemen lain yang berkaitan dengan interior kantor seperti furniture, warna cat atau wallpaper, dan lain-lain. Mengenai plafon sendiri, setelah Anda memiliki konsep modelnya, selanjutnya Anda dapat menentukan material yang akan digunakan. Secara umum, material plafon yang digunakan ada 4 macam, yaitu : gypsum, GRC, tripleks, dan PVC. Apa sih bedanya? Mari kita lihat satu per satu .
  2. Plafon gypsum merupakan plafon yang paling umum digunakan untuk bangunan saat ini, baik untuk sektor hunian maupun komersial. Gypsum relatif ringan, fleksibel, kedap suara, dan tahan api. Oleh karena itu, gypsum sering kali juga digunakan sebagai pembatas ruangan atau sekat. Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan tripleks. Namun jangka waktu pemakaiannya bisa puluhan tahun. Kelemahan gypsum adalah tidak tahan air. Oleh karena itu, apabila Anda menemukan bercak air pada plafon gypsum Anda, sebaiknya Anda segera memeriksa apakah ada kebocoran pada penutup atap kantor Anda. Apabila dibiarkan terlalu lama, bercak air tersebut akan menghitam dan berjamur hingga bolong atau sobek. Apabila sudah menghitam, Anda harus mengganti gypsum karena tidak dapat ditutupi cat. Saat ini banyak beredar merek gypsum dengan variasi harga, namun standard ketebalan plafon gypsum adalah 8 – 9 mm.
  3. Plafon GRC (Glassfibre Reinforced Cement) belum banyak digunakan seperti gypsum karena di beberapa daerah masih sulit ditemukan. Selain itu, GRC merupakan material olahan dari semen dan serat fibre, sehingga bila dibandingkan dengan gypsum, Plafon GRC lebih tidak tahan benturan dan lebih mahal. Namun demikian, GRC memiliki ketahanan yang baik terhadap air, sehingga dapat digunakan di luar ruangan. Material ini cocok digunakan untuk area lembab seperti kamar mandi.
  4. Plafon tripleks saat ini sudah mulai jarang ditemukan karena tidak tahan rayap dan relatif lebih rapuh. Tripleks juga tidak tahan terhadap api maupun air. Hanya saja material tripleks dapat dijumpai di hampir setiap toko bangunan dan harganya relatif murah. Material ini banyak digunakan untuk rumah kelas bawah atau bangunan-bangunan seperti gudang dan bangunan sementara.
  5. Plafon PVC mulai dipasarkan dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini plafon PVC juga memiliki berbagai macam motif dari motif polos hingga motif kayu. Karena berbahan PVC, maka material ini lebih ringan dan tahan terhadap air. Namun plafon PVC masih dipasarkan dengan harga tinggi bila dibandingkan gypsum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =